Headlines News :
Home » , » MENINGKATKAN PERILAKU CARING DALAM MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN MAHASISWA KEPERAWATAN.

MENINGKATKAN PERILAKU CARING DALAM MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN MAHASISWA KEPERAWATAN.

Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Senin, 24 Maret 2014 | 02.54.00

Mahasiswa keperawatan merupakan subjek yang unik. Mahasiswa keperawatan pada saat menjalani praktik klinik harus berperan sebagaimana seorang perawat. mahasiswa keperawatan dalam menjalani praktik klinik keperawatan harus mampu menunjukan perilaku caring yang baik. Penelitian sebelumnya hanya dilakukan kepada perawat, belum ada penelitian yang melibatkan mahasiswa praktik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan motivasi dan kepribadian dengan perilaku caring dalam memberikan asuhan keperawatan. Penelitian ini menggunakan cross sectional desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa keperawatan yang menjalani praktik klinik keperawatan semester ke 2. Sampel dalam penelitian ini diambil dari sebagian populasi sebanyak 104 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi dan kepribadian sesuai dengan teori kepribadian mahasiswa praktik, sedangkan variabel terikatnya adalah perilaku caring dalam memberikan asuhan keperawatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji yang digunakan untuk menganalisa hubungan motivasi dan kepribadian digunakan uji regresi logistik dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku caring dapat dijelaskan oleh motivasi mahasiswa. hasil uji menunjukan nilai p=0,000 artinya motivasi mahasiswa keperawatan memiliki hubungan dengan perilaku caring dalam memberikan asuhan keperawatan. Mahasiswa keperawatan harus memiliki motivasi yang kuat. Motivasi yang kuat akan membentuk perilaku yang baik akan memunculkan kepribadian yang baik pula. Hal tersebut akan memberikan dampak pada perilaku caring dalam memberikan asuhan keperawatan. Kata kunci: motivasi, kepribadian, perilaku caring. Oleh: Abdan Syakura GURU AKTIF DI SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR
Share this article :
 
Support : Petotu - All Rights Reserved
Template Created by Mastemplate Proudly powered by Blogger